Kunjungi Balai Wartawan Effendi Yusuf, Ketua PWI Lampung Tekankan Kepada Anggota Pahami PD/PRT PWI

500

Lampung Utara jejaring09.com – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung mengunjungi Balai Wartawan Effendi Yusuf kabupaten Lampung Utara (Lampura). Selasa (23/4/2024).

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah, didampingi Sekretaris, Andi Panjaitan, Wakabid Kerjasama, Segan. P. Simanjuntak, Wakabid Organisasi, Eka Setiawan, Wakabid, Wakabid Hubungan antar Lembaga, Lukmansya pengurus PWI provinsi Lampung lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara pengurus PWI provinsi dan pengurus PWI Lampung Utara. Selain itu kunjungan ini juga merupakan halal bi halal idul fitri 1445 H.

” Masih dalam suasana Syawal, Kami PWI provinsi Lampung mengucapkan minal aidin walfa idzin mohon maaf lahir dan batin,” ucap ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah.

Dalam silaturahmi ini, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah mengapresiasi atas pencapaian dan kekompakan yang dilakukan oleh pengurus PWI kabupaten Lampung Utara di kepemimpinan Evicko Guantara.

” Di 15 kabupaten/kota PWI Lampung Utara ini yang paling solid, oleh karenanya Saya berharap kepada seluruh pengurus PWI Lampung Utara terus menjaga kondusifitas dan kekompakan untuk kemajuan bersama,” kata Wirahadikusumah.

Dalam kesempatan itu, Wira juga menyampaikan beberapa agenda atau program PWI Lampung diantaranya yakni, pelaksana uji kompetensi wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Sementara Workshop Jurnalis yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

Terkait pelaksanaan UKW, Wira membuka ruang selebar-lebarnya bagi seluruh anggota PWI di provinsi Lampung untuk mengikuti UKW dan sekolah jurnalistik yang di selenggarakan oleh PWI tentunya wajib mengantongi rekomendasi dari ketua PWI kabupaten/kota.

Berkenaan dengan program tersebut, kepada seluruh pengurus PWI Lampung Utara, Wira mengajak bagi anggota yang masih berstatus Muda agar mengikuti jenjang yang lebih tinggi. Didalam kesempatan itu juga, Wira mengingatkan kepada seluruh anggota PWI untuk tidak bosan-bosan membaca PD/PRT PWI.

” Karena ini sangatlah penting, karena terkait hak dan kewajiban kita sebagai anggota PWI telah diatur dalam PD/PRT PWI. Jadi siapapun yang melanggar PD/PRT itu maka keanggotaan sebagai PWI dianggap selesai,” tegas Wira.

Selain itu, Wira tidak bosan-bosannya untuk menghimbau kepada seluruh anggota dan pengurus PWI untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial terlebih dalam mengelola informasi untuk menjadi sebuah berita.

” Karena menyindir melalui pemberitaan itu hal bagus, karena keritiknya seorang wartawan bukan di medsos, keritiknya wartawan diberita,” tukasnya.

Menurut Direktur utama Rilisid ini, Wartawan memiliki hak untuk menyampaikan informasi menjadi sebuah berita. Hal ini tentunya memalui kinerja-kinerja jurnalis yakni mengumpulkan informasi, konfirmasi dan lain sebagainya yang berkenaan dengan kegiatan jurnalistik.

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak, Wira menegaskan bagi siapapun anggota PWI yang menjadi tim sukses salah satu calon wajib untuk mengundurkan diri dari kepengurusan dan disertai dengan surat pengunduran diri dan cuti.

” Itu semua telah diatur dalam PD/PRT PWI, Setelah Pilkada selesai boleh masuk lagi. Dan selama menyandang sebagai tim sukses anggota PWI wajib mengundurkan diri dari pengurus, dan cuti sebagai anggota,” tegas Wira.

Lebih lanjut, Wira menegaskan berbeda halnya bagi anggota PWI yang ikut menjadi penyelenggara pemilu. Anggota tetap menjadi anggota PWI namun yang bersangkutan wajib mengundurkan diri menjadi pengurus PWI.

” Saya berharap Keberhasilan dan kekompakan yang dilakukan oleh PWI Lampung Utara inidapat terlutar di kabupaten tetangga,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, ketua PWI Lampung Utara, Evicko Guantara menyambut baik kedatangan ketua dan pengurus PWI provinsi Lampung di Balai Wartawan Effendi Yusuf Lampung Utara.

Vicko berharap, Dalam menjalankan roda organisasi PWI di Lampung Utara mendapat bimbingan dan dukungan dari seluruh jajaran PWI provinsi Lampung untuk menjadi lebih baik lagi.

‘ Kami juga berharap kepada ketua PWI provinsi Lampung untuk dapat menambah jumlah kuota untuk mengikuti UKW. Dan kepada seluruh, Anggota, pengurus dan simpatisan dapat menyimak dan menjalankan instruksi yang di sampaikan oleh ketua PWI provinsi Lampung,” pungkasnya. (Diq).

Facebook Comments