Akibat Banjir Jembatan Penghubung Antar Desa Kecamatan Abung Selatan Putus

371

Lampung Utara jejaring9.com – Diguyur Hujan deras sejak Rabu malam hingga pagi hari menjelang Sore Kamis(9/3/2023) beberapa wilayah di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mulai terendam banjir.

Bahkan ada satu jembatan penghubung antar Desa di Kecamatan Abung Selatan yang putus karena diterjang air besar.

” Kabupaten Lampura saat ini kondisinya Siaga.Antisipasi bencana ini sudah kita persiapkan, karena beberapa waktu lalu kita sudah mendapat peringatan dari Pemerintah Provinsi Lampung.Akibat hujan ini ada satu jembatan penghubung antar desa yang putus,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Lampura Nozi Efialis. Kamis (9/3/2023).

Putusnya Jembatan di Kembang Tanjung dan Desa Abung Jayo ini lanjut Nozi, merupakan jembatan yang statregis. Pasalnya selain sebagai penghubung antar dua Desa di seberang jembatan ini juga ada sekolah.

Karena jembatannya putus dan tidak bisa dilintasi pengguna jalan terpaksa anak-anak yang hendak akan pergi ke sekolah putar balik dan libur sekolah.

”Kita ambil langkah bersama Masyarakat, kita akan bangun jembatan darurat terlebih dahulu agar bisa dilalui kendaraan roda dua.
Aparat Desa juga sudah bergerak ini menebang pohon kelapa untuk dijadikan jembatan darurat,”jelasnya.

Hingga saat ini masih Nozi, tim BPBD tengah berpatroli berkeliling untuk memantau banjir dan ketinggian air. Dimana-mana sejumlah daerah yang rawan banjir dan sungai-sungai yang sudah meluap.

Diantaranya ada di Abung Selatan, Kotabumi Selatan, Abung Timur dan di Abung Tinggi itu air sudah menggenangi rumah warga.

”Kita himbau kepad Masyarakat terutama yang berada di Bantaran Sungai agar bisa lebih waspada. Jangan lengah, kondisi air ini semakin naik, kita harus sama-sama waspada,”ujarnya. (Diq).

Facebook Comments