Sekdaprov Buka Kegiatan Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi Lampung Triwulan I Tahun 2024

62

BANDARLAMPUNG-Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka kegiatan Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Lampung Triwulan I 2024 di Grand Mercure Lampung, Bandarlampung, Kamis (20/6/2024).

Fahrizal mengatakan kegiatan ini diharapkan memberikan gambaran terkait perkembangan terkini dan prospek perekonomian Lampung ke depan, serta bersama didalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Provinsi Lampung.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang inklusif ini untuk menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat secara berkeadilan dan mengurangi kesenjangan.

“Kita semua sepakat bahwa pertumbuhan ekonomi itu harus menjadi pertumbuhan yang inklusif. Melalui kegiatan ini mari bersama memberikan kontribusi pemikiran untuk pembangunan Lampung yang lebih baik ke depan,” ujar Fahrizal.

Fahrizal menjelaskan pertumbuhan yang inklusif ini nantinya diharapkan membawa kesejahteraan sampai ketingkat masyarakat bawah.

Seperti pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya bisa menurunkan tingkat kemiskinan, peningkatan UMKM dan menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa menurunkan tingkat pengangguran.

Ia beranggapan pertumbuhan ini juga harus dibarengi dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat dan terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kalau masih banyak orang putus sekolah karena persoalan ekonomi, berarti pertumbuhannya hanya untuk sebagian saja. Kita ingin pertumbuhan ekonomi itu betul-betul sampai ketingkat bawah sehingga mensejahterakan,” katanya.

Fahrizal menyebutkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif termasuk salah satunya diwujudkan melalui sektor pariwisata.

Ia pun meminta agar bersama didalam optimalisasi sektor pariwisata daerah sebagai salah satu potensi luar biasa yang dimiliki Lampung.

“Pariwisata itu menjadi marketnya dan untuk hulu nya ada pertanian, peternakan dan lainnya yang harus kita tangani semua sehingga bisa betul-betul tumbuh dan menjadi pendapatan masyarakat. Turut pula bagaimana kita menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, marketingnya, kerjasama antar daerah termasuk infrastrukturnya,” ujarnya.

Terakhir, Fahrizal mengajak peran anak muda untuk bisa ikut berperan melalui ide-ide kreatif dalam peningkatan perekonomian Lampung.

“Anak muda harus berfikir sebagai entrepreneur, membuka usaha dan ikut dalam mengembangkan UMKM,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Junanto Herdiawan mengatakan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, disini peran muda yang diharapkan menjadi pendorong ekonomi Lampung di masa depan.

Apalagi menurutnya, Lampung memiliki potensi yang luar biasa seperti meliputi sektor pertanian, industri pengolahan dan pariwisata yang bisa dikembangkan oleh para anak-anak muda.

“Anak-anak muda bisa melihat ketiga sektor ini dan pentingnya entrepreneurship untuk coba pikirkan ide-ide dan inovasi serta membuka lapangan kerja disektor-sektor itu,” ujar Junanto.

Hadir pada kesempatan itu sebagai pemateri, Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal, Ekonom Senior Bank Indonesia Provinsi Lampung Fiskara Indrawan dan CEO MarkPlus Institute Jacky Mussry.(Adpim)

Facebook Comments