SMAN 1 Abung Timur Gelar Acara Adat Begawi

111

Lampung Utara jejaring09.com – Terapkan kurikulum merdeka dalam program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema keakrifan lokal, Siswa Siswi SMA Negeri 1 Abung Timur Gelar Acara Begawi adat Lampung di sekolah, Selasa (20/2/2024).

Begawi merupakan prosesi adat Lampung yang dilaksanakan untuk mendapatkan perubahan status sosial sebagai pemimpin adat.

Rinaldo Kepala SMA Negeri 1 Abung Timur mengatakan, tujuan dengan diadakannya Begawi adat Lampung ini, agar dapat mengajarkan anak didik tentang budaya khususnya Lampung.

“Semoga dengan adanya Begawi ini, dapat mengajarkan peserta didik untuk mengerti budaya lokal dengan perkembangan zaman seperti ini” Ucap Rinaldo

Rinaldo juga mengharapkan dengan adanya Begawi ini dapat melestarikan kearifan lokal khususnya budaya Lampung agar tidak hilang oleh perkembangan zaman.

“Secara tidak langsung masyarakat tidak semua melaksanakan Begawi ini, akan tetapi kita ajarkan anak anak langsung dengan rangkaian acara Begawi adat Lampung yang disambut antusias oleh tokoh adat serta para wali murid” Jelasnya.

Nazliah Yulianti Managerial Dinas Pendidikan wilayah 4 Lampung sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya program P5 dengan kearifan lokal Begawi adat Lampung.

“Alhamdulillah kami sangat antusias menyaksikan penampilan para siswa dengan menari adat Lampung, yang merupakan ini kali pertama” Jelas Nazliah.

Sementara Yunizar gelar Suttan Rajo Gemutur Tokoh Adat setempat menyambut baik dengan adanya Begawi ini.

“Kita dari Tokoh Adat menyambut baik, agar generasi penerus bangsa ini, nanti nya dapat melestarikan adat budaya agar tidak tergerus oleh zaman modern ini, begitu pula yg disampai kan salah satu dewan guru SMA. 1 Abung Timur ibu Herry yanti spd.. dengan ada kurikulum projek kearipan lokal kurikulum merdeka dalam tema begawi untuk memperkenal kan adat budaya lampung di kancah nasional,” pungkasnya. (Diq)

Facebook Comments