Ditahun Ke – 4 Wakil Bupati Lampung Utara Tergetkan Penekanan Angka Stunting Hingga 14 Persen

229

Lampung Utara jejaring09.com – Ditahun ke – 4 sebanyak 27 Desa yang tersebar di 9 Kecamatan menjadi Lokus Pemerintah kabupaten Lampung Utara (Lampura) untuk menurunkan angka Stunting.

” Mudah-mudahan pada tahun 2024 angka Stunting di kabupaten Lampung Utara menjadi 14 persen,” kata Wakil Bupati, Ardian Saputra saat menghadiri Rembuk Stunting di Aula Tapis Pemkab Lampura. Rabu (12/4/2023).

Oleh sebab itu, Kepada dinas kesehatan, Ardian meminta agar kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas) dijalani agar kedepan lebih maksimal dan fokus.

“ Malu dengan pihak provinsi Lampung yang sudah turun langsung guna membantu percepatan menekan angka stunting di Lampung Utara,” ujar Ardian.

Dikatakan Ardian, upaya penekanan angka stunting di Lampung Utara terus dilakukan, salah satunya yakni melakukan lounching Orang Tua Asuh bagi para penderita Stunting.

Bahkan banyak pihak – pihak luar yang turut berperan untk membantu penurunan angka stunting, Salah satunya yakni Bank Lampung.

” Kita ucapkan terimakasih kepada Bank Lampung, bukan karena nilai uangnya namun karena niat baiknya sudah memberikan CSR untuk penanganan Stunting di Kabupaten Lampura,”ucapnya.

Di Kabupaten Lampura terang Ardian, ada tiga perwakilan orang Tua Asuh yakni Ketua MKKS SMP, Kepala Puskesmas Kotabumi 1 dan Kepala Bappeda Lampura. Dari PT. Bank Lampung sendiri memberikan bantuan CSR guna penanganan Stunting lebih kurang sebesar Rp 400 juta.

” Dilaksanakannya rembuk Stunting ini sejak tahun 2020 di tahun ke 4 diharapkan target mencapai 14 persen bisa terlaksana. Mengingat Kabupaten Lampura mengalami kenaikan 4 persen dari sebelumnya 20 persen menjadi 24 persen tingkat Stunting, jadi ada 10 persen yang harus kita sisihkan,”terangnya

Dalam penurunan untuk mencapai 14 persen ini lanjut Ardian, diharapkan tidak hanya Dinas terkait saja, namun penekanan Stunting juga harus dilakukan ke Masyarakat. Dengan adanya orang tua Suh ini, diharapkan semua bisa berjalan dengan maksimal.

Pada acara Rembuk Stunting itu, Wakil Bupati (Wabup) Lampura Ardian Saputra juga menyampaikan bantuan makanan tambahan kepada Ibu Hamil dan Balita penderita Stunting. (Diq)

Facebook Comments