Raih Sejumlah Prestasi, Gubernur Arinal Djunaidi Apresiasi Pemkab Mesuji

113

Mesuji Jejaring09.com Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mesuji atas sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih dari Kementerian Keuangan RI.

Kabupaten Mesuji berhasil meraih Penghargaan dari Kementerian Keuangan R.I sebagai Peringkat ke-3 Penyalur BLT Dana Desa Tercepat, Penghargaan Peringkat ke-2 Penyalur seluruh Tahap DAK Fisik Tercepat, dan Penghargaan Peringkat Terbaik ke-3 Kategori Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2022.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024 dengan tema “Penguatan Perekonomian Daerah yang bertumpu pada peningkatan Produktifitas Pertanian” di GSG Taman Kehati Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Mesuji, Senin (27/3/2023).

“Semoga capaian tersebut dapat memotivasi seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk terus mengembangkan peran fiskal daerah untuk membangkitkan pembangunan di berbagai sektor,” ungkapnya.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mesuji tahun 2022 tumbuh positif sebesar 3,49%, namun masih di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung.

Sementara itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Mesuji tahun 2022 adalah 3,22%; yang berarti lebih baik dibanding rata-rata Provinsi Lampung maupun Nasional.

Angka Kemiskinan Kabupaten Mesuji tahun 2022 tercatat 6,84% merupakan angka terendah di Provinsi Lampung. Demikian pula untuk tingkat kemiskinan ekstrem Kabupaten Mesuji tahun 2022 yang sebesar 0,38% juga merupakan angka terendah di Provinsi Lampung.

“Untuk itu kami mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Mesuji, yang secara konsisten menurunkan angka kemiskinan dengan kebijakan program yang terarah serta memprioritaskan rumah tangga miskin dalam Basis Data Terpadu sebagai sasaran program penanggulangan kemiskinan,” ujar Kepala Bappeda.

Selanjutnya, capaian IPM Kabupaten Mesuji Tahun 2022 sebesar 64,94. “Terkait dengan capaian IPM tersebut, tentunya Saya berharap agar capaian IPM Kabupaten Mesuji perlu terus ditingkatkan melalui perluasan akses Pendidikan dan Kesehatan. Saya meyakini, bahwa potret tersebut akan semakin memacu tekad kita untuk terus melakukan perbaikan,” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Bupati Mesuji; Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Anggota Forkopimda Kabupaten Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Para Asisten/Kepala Badan/Dinas- Instansi/ Camat se- Kabupaten Mesuji, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, Akademisi, Kalangan Dunia Usaha, dan Media. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Facebook Comments