Pertanyakan Anggaran Tanggap Bencana, POSPERA Lampung Utara Gelar Unjuk Rasa 

198

Lampung Utara jejaring09.com – Ratusan masa yang tergabung dalam Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Lampung Utara menggelar unjuk rasa di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten setempat. Jumat (17/3/2023).

Sebelum aksi, Masa berkumpul di Sekretariat DPC POSPERA Lampung Utara dan melanjutkan konvoi kendaraan menuju kantor BPBD dan Pemkab Lampung Utara untuk menyampaikan orasi.

Ketua DPC POSPERA Lampung Utara, Juaini Adami, mengaku bahwa aksi yang dilakukan ini buntut dari kekecewaan masyarakat yang terkena musibah banjir beberapa waktu yang lalu.

” Anggaran tanggap bencana ga jelas, Kemana anggaran untuk korban banjir,” kata Juaini Adami.

Bukan hanya itu, Pada saat banjir melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Utara, Kepala dinas BPBD Lampung Utara sulit untuk dihubungi.

” Bagaimana mau tanggap dengan penderitaan masyarakat jika nomor Hp kepala dinasnya tidak aktif,” tegas Juaini.

Juaini meminta agar Aparat Penegak Hukum (APH) segera melakukan pemeriksaan terhadap anggran tanggap bencana yang dikelola oleh BPBD Lampura.

Ditambahkan Juaini, banyak persoalan – persoalan di BPBD Lampung Utara, Diantaranya dugaan gaji honor pegawai yang sebelumnya di gaji sebesar Rp. 1.4 juta menjadi Rp. 900 ribu rupiah. Oleh sebab itu, Pihaknya meminta kepada bupati Lampung Utara untuk segera mengnonaktifkan kepala BPBD Lampung Utara.

” Dalam aksi ini kami kecewa dengan sikap kepala BPBD, karena pada saat menyampaikan aspirasi justru kami dminta untuk belajar lagi dengan kepala BPBD,” ungkapnya.

Juaini menegaskan, bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar aksi yang kedua dengan melibatkan masa yang lebih banyak.

” Hari Selasa kamu akan kembali melakukan aksi dengan melibatkan masa yang lebih banyak, Untuk belajar dengan kepala BPBD,” tegasnya.

Disisi lain, Juaini Adami mengapresiasi pihak Pemkab Lampung Utara dan Kejaksaan Negeri Lampung Utara yang telah menerima dan mendengarkan aspirasi perwakilan Pospera dalam aksi tersebut.

” Kami Pospera Lampung Utara mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Lampung Utara yang telah turut mengamankan jalannya aksi ini,” pungkasnya. (Diq).

Facebook Comments