Dampingi PKD, Anggota Panwascam Kotabumi Kota Turun Lapangan Awasi Coklit 

274

Lampung Utara jejaring09.com – Anggota Panwascam Kotabumi Kota, Nia Noranda dan Antoni Irawan mendampingi PKD turun ke desa Talang Bojong dan Bojong Barat dalam rangka melakukan pengawasan melekat tahapan pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilu 2024. Kamis (15/2/2023).

Anggota Panwascam Kotabumi Kota divisi HPPH, Nia Noranda mengatakan bahwa turunnya Panwascam Kotabumi Kota ke desa ini dalam rangka untuk memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) bekerja melakukan pencocokan dan penelitian kerumah-rumah masyarakat.
Selain itu, Terang dia, Pengawasan melekat yang dilakukan ini untuk memastikan bahwa petugas Pantarlih melakukan Coklit sesuai aturan. Disamping itu juga, Panwascam ingin memastikan pengawas kelurahan desa (PKD) melakukan tugasnya dalam hal pengawasan secara insentif.
” Pengawas mengawasi merupakan suatu komitmen agar mampu menghasilkan daftar pemilih tetap yang untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas,” kata Nia
Sementara itu, Anggota Panwascam Kotabumi Kota divisi PPPS, Anton Irawan menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi Pencoklitan data. Menurutnya, Jika masyarakat ikut berpartisipasi dalam mengawasi pencoklitan ini dapat dipastikan akan terciptanya pemilu yang berkualitas.
Lebih lanjut, Anton menjelaskan, Dalam melakukan pengawasan ini pihaknya memiliki sejumlah fokus pengawasan Coklit yang menjadi konsentrasi jajaran pengawas terhadap kerja PPDP, yaitu harus akurat sehingga tidak ada kesalahan informasi dalam penulisan, mutakhir dengan menyusun daftar pemilih berdasarkan data-data terbaru.
” Setiap temuan dari jajaran pengawas akan ditindaklanjuti ke Bawaslu kabupaten untuk dijadikan bahan laporan,” jelasnya.
Terpisah pengawas kelurahan desa (PKD) Bojong Barat, Evri Liana mengaku bahwa dalam melakukan pengawasan Coklit kali ini terdapat temuan di 3 TPS Desa Bojong Barat KTP pemilih bukan berasal dari desa Bojong Barat melainkan beralamatkan di Desa Sumber Arum, Dusun Pancasila, Talang Lewok, Dusun Sumber Asri, Dusun Sri Mulya.
” Di TPS 01 ada 39 KTP,  TPS 02 ada 15 KTP dan TPS 03 ada 8 KTP pemilih bukan berasal dari desa Bojong Barat,” jelasnya. (Diq).
Facebook Comments