Warga Desa Bandar Kagungan Digegerkan Penemuan Bayi Laki-laki Didalam Tas 

163

Lampung Utara jejaring09.com – Warga Kagungan Raya Desa Bandar Kagungan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki.

Bayi mungil yang diperkirakan berusia satu hari tersebut diduga sengaja dibuang dan ditemukan didepan pintu gerbang salah satu rumah daerah setempat. Bayi tersebut ditumkan pada Selasa malam (17/1/2023).

Kondisi bayi tersebut saat ini dalam kondisi sehat dengan berat badan 2,8 kg dan pajang 48 cm, kini dalam perawatan tim medis dan diasuh oleh salah seorang pamong dusun setempat.

Salah satu warga setempat, Heri (44), mengatakan bahwa pertama kali bayi tersebut ditemukan oleh warga sekitar dimana bayi tersebut ditemukan. Setelah menemukan bayi tersebut, warga memberitahukan kepada aparatur desa setempat.

Mendengar adanya penemuan bayi tak berdosa warga sekitar berbondong-bondong mendatangi lokasi penemuan bayi untuk melihat secara langsung kondisi bayi merah tersebut.

Kapolsek Abung Selatan, AKP Haryono membenarkan adanya penemuan sosok bayi laki-laki di dalam sebuah tas warna hitam yang dilakukan oleh orang tuanya yang tidak bertagung jawab.

” Kondisi bayi laki-laki yang diperkiran berumur satu hari saat ini dalam kondisi sehat ditangani tim medis seorang bidan Desa setempat,”kata Haryono. Rabu (18/1/2023).

Kapolsek menjelaskan, bayi laki-laki diketahui dengan berat badang 2,8 kg dan pajang 48 cm kini dirawat oleh salah seorang pamong dusun setempat dan pihaknya telah berkordinasi dengan pihak terkait seperti dinas sosial Kabupaten Lampura.

Saat ini kami masih melakukan penyelidikan atas kasus pembuangan bayi laki-laki tersebut dan mencari keberadaan orang tua bayi itu” janjinya.

Dari keterangan warga setempat, lanjut Kapolsek, tidak diketahui siapa orang tua bayi yang tidak bertanggung jawab membuang anaknya itu. Diperkirakan orang tua bayi ini dari luar wilayah setempat. Sebab, kata dia, tidak ada warga yang ada di wilayah itu mengenal bayi. Terlebih, tidak ada diwaktu yang sama warga melahirkan bayi.

Ia menjelaskan, peristiwa pembuangaan bayi oleh orang tua yang tak bertagung jawab itu, awalnya diketahui saksi warga yakni Dedi Susanto (38). Warga ini, tidak sengaja melintas di lokasi dan menemukan tas yang dalam isinya ada sosok bayi merah yang baru lahir.

Warga ini melintas pakai sepeda motor, menemukan bayi dan selanjutnya diberitahukan ke pamong desa serta melaporkan peristiwa itu, ke Polsek terdekat,” terangnya.

Saat itu bayi dalam tas dalam kondisi masih hidup dan langsung dibawa kerumah warga untuk diberikan pertolongan oleh tim medis seorang Bidan, “terangnya.

Dalam tas itu, selain untuk meletakan bayi, rupanya ada perlengkapan bayi seperti susu kotak, Pampers, tisu basah dan lain-lain. Besar kemungkinan peralatan bayi itu, sengaja ditinggalkan dengan bayi agar, ketika ditemukan sudah ada perlengkapan sementara.

Alhamdulilah hingga saat ini kondisi bayi laki-laki tak berdosa tersebut masih sehat dan dirawat oleh warga. Untuk itu kami berharap warga dapat memberi tahu jika mendengar melihat dan mengetahui orang tua dari bayi tersebut kepada aparat kepolisian terdekat,” pungkasnya (diq)

Facebook Comments