Menelisik Karir Politik Mingrum Gumay

19

Bandar Lampung-Mengawali karir politik dari bawah, Politisi Senior PDI Perjuangan Provinsi Lampung tepat 06 Juni memasuki usia 59 Tahun, yang mana pria kelahiran Kupang berdarah sumatera dan bali ini berhasil menduduki karir tertinggi di lembaga politik sebagai Ketua DPRD Lampung yang dilantik pada tanggal 2 September 2019 lalu.

Tentunya menduduki posisi orang nomer 1 di lembaga DPRD Provinsi Lampung tidak serta merta seperti kedapatan hadiah dari sinterklas, perjuangan itu ia nikmati setelah lebih dari 1 periode menjadi anggota legislatif di lembaga DPRD Provinsi Lampung, ia baru di percaya mewakili partai moncong putih untuk memimpin sejumlah fraksi di lembaga DPRD tersebut di tahun 2019 silam.

Pria yang dikenal tangan dingin ini, mampu mewarnai lembaga DPRD menjadi gedung yang berasaskan Pancasila, mengedepankan kearifan lokal juga berkiprah di kancah nasional, sehingga DPRD Lampung dalam masa kepemimpinan anak dari seorang patriot pejuang bangsa ini memiliki catatan penting, DPRD Lampung berhasil menjadi lembaga wakil rakyat tingkat provinsi yang menjadi inisiator dan merumuskan nota kesepahaman bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengadopsi program Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) yang saat ini dilakukan oleh seluruh anggota DPRD Lampung dan dijalankan 1 bulan sekali di daerah pemilihannya masing-masing.

tak hanya itu, di usia 59 tahun ia berhasil menghantarkan kedua puteri nya menembus impian menjadi seorang yang berprofesi sebagai notaris dan anggota DPRD yang berasal dari partai PDI Perjuangan.

Mingrum Gumay yang memiliki keunikan hobi tak sama dengan pejabat pada umumnya melahirkan khans seseorang yang tidak “gila jabatan” dan tidak mengambil kesempatan dalam penggunaan fasilitas dan kewenangannya sebagai ketua DPRD, ia lebih memilih berada di kebun dan bertani ketimbang di suatu tempat bernuansa kemewahan.

Dalam melakukan setiap kegiatan, ia tak pernah bersikap “Eksklusif” bahkan Ketua PA GMNI Lampung ini sangat kental memiliki jiwa marhaenisme, duduk sama rendah berdiri sama tinggi, ia tak mengenal atasan dan bawahan, rakyat biasa dan pejabat, selalu bersikap rendah hati dan terbuka kepada siapapun.

selamat ulang tahun Ketua DPRD Provinsi Lampung Periode 2019-2024 Mingrum Gumay SH.,MH, pengabdian dan terobosan yang diberikan menjadi catatan sejarah yang memiliki legacy rekam jejak kepemimpinan di masa yang akan datang.

” “Demi tercapainya cita-cita kita, para pemimpin politik tidak boleh lupa bahwa mereka berasal dari rakyat, bukan berada di atas rakyat. ” Bung Karno

Facebook Comments