6 Jam Diguyur Hujan Deras, Way Sekinci Meluap 20 Rumah Di Desa Nyapah Banyu Terendam Banjir Bandang 

773

Lampung Utara jejaring09.com – Hujan deras mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Lampung Utara Sabtu (26/3/2023) sejak pukul 18.30 hingga 24.00 wib mengakibatkan rumah warga di Desa Nyapah Banyu Kecamatan Abung Pekurun terendam banjir.

Hujan yang cukup deras membuat aliran Sungai Way Sekinci Desa setempat meluap sehingga merendam sedikitnya 20 rumah milik warga setempat terendam banjir bandang.

” Hujan cukup deras mengguyur Lampung Utara, Sungai Way Sekinci Diwilayah Kecamatan Abung Pekurun tepanya Desa Nyapah Banyu meluap sehingga sedikitnya 20 rumah warga terkena banjir bandang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lampung Utara, Zulkarnaen Usman, SE. MM. Minggu (26/3/2023).
Kendati demikian, Banjir bandang yang melanda warga Desa Nyapah Banyu kurang lebih 6 jam namun tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Dijelaskannya, Air mulai surut sekitar pukul 03.00 wib.
Lebih lanjut, Zulkarnaen menjelaskan bahwa diwilayah tersebut (Desa Nyapah Banyu) setiap tahun memang menjadi langganan banjir ketika intensitas hujan cukup tinggi, Hanya saja setiap banjir terjadi tidak pernah terekspos.
” Penyebabnya banjir disana karena sungai Way Kerinci terlalu kecil Disamping itu juga sungai tersebut berbentuk liter S dan tidak mampu menampung debit air sehingga menyebabkan air sungai meluap dan merendam rumah warga sekitar sungai,” jelasnya.
Zulkarnaen menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terutama bagi masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai Way Sekinci jika terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi dapat mengakibatkan meluapnya air sungai hingga banjir bandang.
“ Kami berharap agar masyarakat dan juga perangkat desa untuk terus berkoordinasi dengan BPBD Lampura. Dan Kami (BPBD) akan monitor dan memantau perkembangan daerah -daerah yang berpotensi banjir ketika hujan deras,” ujarnya.
Disamping itu juga, BPBD telah memberikan bantuan berupa 20 bingkisan kepada warga masyarakat Desa Nyapah Banyu yang terdampak banjir bandang.
” Didampingi Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa setempat bantuan sudah kami salurkan,” tukasnya. (Diq).
Facebook Comments