Riana Sari Arinal Buka Rakor  Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Tahun 2023

130

BANDARLAMPUNG Jejaring09.com Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) TP PKK Provinsi Lampung Tahun 2023 di Lantai III Balai Keratun, Selasa (31/01/2023).

Rakor yang digelar mengusung tema “Pemantapan Program TP PKK Provinsi Lampung, Mewujudkan Ketahanan Keluarga Untuk Lampung Berjaya”, tersebut merupakan Rapat pertama yang dilaksanakan secara offline setelah pandemi COVID-19. Rakor dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, dan disiarkan secara daring melalui kanal Youtube Pemerintah Provinsi Lampung.

Menurut Riana Sari Arinal, rapat ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengevaluasi kinerja TP PKK Provinsi Lampung serta mensinergikan rencana program dan kegiatan kedepannya.

“Rapat koordinasi ini sekaligus merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Rakernas TP PKK Tahun 2022 yang telah dilaksanakan di Bulan November Tahun 2022 yang lalu,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Riana Sari Arinal menyampaikan beberapa hal, diantaranya sesuai arahan Presiden, dimana Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah fokus dalam upaya penurunan angka stunting dengan target minimal 14% di tahun 2024, mengendalikan laju inflasi serta penurunan angka kemiskinan melalui program-program TP PKK.

“Karena Tim Penggerak PKK merupakan mitra pemerintah maka lakukan komunikasi dan jalin kerjasama yang baik dengan para mitra dan Organisasi Perangkat Daerah di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Riana Sari Arinal juga meminta Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, dapat turun melakukan pembinaan sampai dengan tingkat dasawisma sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan dana desa untuk program dan kegiatan TP PKK.

Melalui tema Rakor TP PKK Provinsi Lampung 2023, Riana Sari Arinal juga menyoroti pentingnya ketahanan dalam keluarga, dimana Keluarga yang baik harus mencakup beberapa aspek, diantaranya sehat, harmonis, perekonomian yang bagus, dan dilandasi nilai-nilai agama yang baik, yang mana hal tersebut terangkum dalam Pokja 1 dan 4 PKK Provinsi Lampung.

Selain itu Riana Sari Arinal juga menegaskan kembali Komitmen PKK dan Dekranasda Provinsi Lampung dalam melakukan pembinaan terhadap UMKM.

“Seperti telah diungkapkan oleh Bapak Presiden bahwa yang bertahan dalam Pandemi adalah UMKM, oleh karenanya saya meminta kepada seluruh PKK Provinsi Lampung bersama dengan Dekranasda untuk senantiasa memberikan dukungan dan membuka akses seluas-luasnya kepada para pelaku UMKM dan perajin melalui berbagai kegiatan dan pameran agar UMKM Lampung dapat Naik Kelas,” ungkapnya.

Lebih jauh, Riana Sari Arinal berharap agar hasil dan rumusan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Tahun 2023 dapat dilaksanakan dengan baik, sebagai bentuk kontribusi bersama dengan Pemerintah dalam mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

Sementara itu, Ketua Bidang I TP PKK Provinsi Lampung Mamiyani Fahrizal, dalam Laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari rakor ini adalah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja TP PKK Provinsi Lampung Tahun 2022, Membahas dan menyepakati prioritas program dan kegiatan TP PKK Provinsi Lampung Tahun 2023, serta Penguatan komitmen, dukungan dan sinergi seluruh mitra kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung.

Kemudian Rakor juga diisi dengan Pemaparan evaluasi pelaksanaan program kerja Tim TP PKK Provinsi Lampung Tahun 2022, dan Proyeksi Kegiatan TP PKK Provinsi Lampung Tahun 2023 oleh Sekretaris TP PKK Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri, yang kemudian diikuti oleh pemaparan oleh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Facebook Comments