Anggaran 3.3 Miliar Dari APBD di Sekretariat DPRD Lampura Masuk Kerekening Pribadi, Untuk Apa.?

835
Lampung Utara jejaring09.com – Terdapat indikasi penyelewengan anggaran sebesar Rp. 3.3 miliar bersumber dari APBD di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Lampung Utara masuk ke rekening pribadi tiga oknum pegawai digedung dewan terhormat.
Sekretaris DPRD Lampung Utara, Eka Dharma Thohir saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (17/1/2023) mengegaskan bahwa anggaran negara yang terindikasi kuat masuk ke rekening pribadi bawahannya tersebut tidak bisa dibenarkan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.
” Meraka harus mengembalikan anggaran tersebut,” tegas Sekwan Eka Dharma Thohir.
‘ Kalau melihat dari gelagatnya kemungkinan (masuk rekening pribadi). Yang paling banyak belum selesai itu bagian Persidangan, Kemudian Bagian Umum dan Bendahara Umum.” tegas dia lagi.
Dijelaskannya, Adapun angka yang tercatat masuk ke dalam rekening pribadi oknum-oknum diantaranya yakni sebesar, Rp. 1.96 Milyar, Rp.900 juta, Rp.400 Juta dan Rp.700 Juta.
“Mengenai rekening saya belum dapat laporan dari Bagian masing masing. Namun uang yang hilang harus dipertanggung jawabkan.” katanya.
Lebih lanjut Eka mengatakan, Terkait anggran negara yang masuk ke rekening tersebut masih belum dapat terselesaikan dari limit waktu yang diberikan, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi temuan.
 ” apabila tidak selesai itu menjadi temuan berdasarkan LHP BPK.”tukasnya.
Disatu sisi, Sekretariat pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di awal tahun 2023 ini, nampaknya sedang mengalami ‘migran’ berat. Pasalnya ada beberapa bagian yang hingga saat ini belum terselesaikannya surat pertanggungjawaban anggaran tahun 2022 lalu.
Parahnya lagi, terdapat indikasi penggemukan anggaran melalui rekening khusus yang di kelola pada bagian bagian pada sekretariat DPRD setempat.
” Ada SPj yang belum selesai.” ujar Eka
Sejauh ini masih kata Eka, dirinya telah berupaya melakukan langkah langkah terkait persoalan tersebut. Mulai dari melakukan pembahasan secara internal hingga penyampaian solusi.
“Kita sudah rapat terus membahas hal itu, kita minta masing masing Kepala Bagian, Bendahara Pembantu Bagian, Kasubag yang belum menyelesaikan SPj (Surat Pertanggungjawaban) untuk segera di seselaikan.” Ucap dia.
Diketahui Bagian Bagian yang belum menyelesaikan SPj pada Sekretariat DPRD Lampung Utara antaranya, Bagian Persidangan, Bagian Umum dan Bendahara Umum. (Diq).
Facebook Comments