Gubernur Arinal Djunaidi Membuka Semarak UKM / IKM Lampung Berjaya 2022

97

Bandar Lampung Jejaring09.com Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Acara Semarak Usaha Kecil Menengah (UKM)/Industri Kecil Menengah (IKM) Lampung Berjaya 2022 sekaligus melaunching Aplikasi Sistem Informasi IKM (Sikam) bersama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, bertempat di PKOR Way Halim, Rabu (28/12/2022).

Pada kesempatan tersebut Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, memaparkan pilar peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yakni Market Place, Retail Modern dan Perbankan.

Menurut Mendag, saat ini pada pilar Market Place sudah tidak bisa dihindari, UMKM akan dilatih untuk bisa promosi menggunakan platform digital. Lalu pada Retail Modern, diharapkan adanya kerjasama antara Retail Modern dan pelaku UMKM, sehingga nanti dalam Retail Modern produknya akan disupply oleh UMKM lokal di daerah tersebut.

Pada perbankan, UMKM akam diberikan kemudahan pengajuan KUR dengan bunga yang sesuai dengan besarnya usaha UMKM atau IKM tersebut.

Senada dengan pemaparan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung telah menyiapkan aplikasi database dan media promosi produk UMKM di Provinsi Lampung, yaitu SIKAM (Sistem Informasi IKM).

Saat ini telah teregistrasi beberapa IKM dalam aplikasi SIKAM dan masyarakat dapat langsung mengakses aplikasi ini untuk mengetahui produk-produk IKM Lampung dan kontak langsung dengan pelaku IKM untuk pembelian produk.

Selain SIKAM, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan membangun UMKM Center yang akan berlokasi di PKOR Way Halim. UMKM Center ini akan menjadi pusat promosi dan pemasaran produk UMKM yang telah memenuhi standar kualitas produk.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasinya atas kerja keras UMKM dalam menstabilkan Ekonomi di Lampung.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada UMKM di Lampung yang membuat Lampung ini stabil ekonominya dan bahkan pertumbuhan ekonomi hari ini kita itu terbaik di Sumatera maupun nasional, yang mana itu karena UMKM, karena kerja keras rakyat yang bersinergi dan berkoordinasi bersama para kepala daerah di kabupaten/kota.” ucapnya.

Lampung juga diharapkan dapat mampu mempertahankan situasi kondisi yang walaupun secara internasional mengalami situasi yang tidak menguntungkan.

Selanjutnya Gubernur juga menyampaikan bahwa dari seluruh provinsi di Indonesia, Inflasi di Lampung masih dapat dikatakan terkendali.

“Dari seluruh provinsi di Indonesia, inflasi di Lampung masih bisa kita kendalikan. Namun demikian kita memerlukan berbagai upaya untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi ini, salah satunya melalui penguatan sektor industri kecil, menengah dan saya harapkan juga termasuk UMKM.” ucap Gubernur.

Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Lampung terhadap semangat dan capaian para pelaku UMKM di Provinsi Lampung, pada Tahun 2023 akan dibangun UMKM Centre yang akan berlokasi di PKOR Way Halim ini, UMKM Centre ini akan menjadi pusat promosi dan pemasaran produk UMKM yang telah memenuhi standar kualitas produk.

Gubernur berharap dengan dibangunnya UMKM Centre tersebut, pelaku UMKM di Provinsi Lampung akan semakin inovatif dan kreatif menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing, baik di pasar domestik maupun pasar ekspor. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Facebook Comments