Ibu Riana Sari Arinal Lantik Herlinawati Qudrotul dan Zelda Naturi Nukman sebagai Penjabat Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat

107

BANDARLAMPUNG Jejaring09.com Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal melantik Penjabat Ketua TP. PKK dan Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat, bertempat di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Minggu (18/12/22).

Penjabat Ketua TP PKK dan Dekranasda yang dilantik adalah Ibu Herlinawati Qudrotul Ketua TP PKK Kabupaten Tulang Bawang, dan Ibu Zelda Naturi Nukman sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Barat.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat Periode 2017-2022, Ibu Mursida Hendriwansyah dan Ibu Partinia Parosil Mabsus, atas dedikasi dan sinerginya dalam melaksanakan tugas 10 Program Pokok PKK serta mengembangkan kerajinan daerah dan para pengrajinnya.

Selanjutnya, ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang dan Lampung Barat Periode 2017-2022 yang telah memberikan dukungan dan bimbingan secara penuh kepada TP PKK dan Dekranasda sehingga dapat terus berkarya dan ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan.
“Ucapan selamat saya sampaikan kepada Ibu Herlinawati Qudrotul dan Ibu Zelda Naturi Nukman yang baru saja dilantik sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Penjabat Ketua Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat. Selamat bertugas, saya yakin Ibu-ibu semua dapat mengemban amanah ini dengan baik untuk membantu dan mendukung tugas para Pj Bupati di Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat,” ucapnya.

Dalam Kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian terkait dengan amanah yang telah dititipkan dan dipercayakan selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat.
Pertama, pahami fungsi, tugas, dan tujuan organisasi TP PKK serta Dekranasda. Segera laksanakan konsolidasi internal dengan tetap berkoordinasi kepada TP PKK Provinsi. Peran Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda menjadi sangat penting untuk menggerakkan seluruh sumber daya serta menjalin kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan.

Kedua, sebagai mitra Pemerintah, segera susun program kerja untuk tahun 2023. Untuk implementasi 10 program pokok PKK, agar berpedoman kepada Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2020 – 2024 yang sinergi dengan program-program prioritas pemerintah yaitu penurunan angka stunting, penanganan ekonomi dampak Covid-19, pengembangan usaha ekonomi produktif skala rumah tangga, serta peningkatan ketahanan keluarga.
Ketiga, Inovasi program yang kita sepakati bersama untuk tahun 2022 dan 2023 adalah mewujudkan minimal satu Desa Model Ramah Perempuan dan Peduli Anak sekaligus Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting berbasis desa dengan mengoptimalkan fungsi Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Dasawisma serta sinergi antar OPD.

Kemudian, Pelaksanaan Program SIGER (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan) agar dapat diteruskan menjadi gerakan bersama, sebagai implementasi dari rasa empati dan tolong menolong di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya serah terima ini, Ibu Riana Sari Arinal berharap Ibu Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat dapat segera melanjutkan program kerja dan kegiatan yang ada di TP PKK Kabupaten maing-masing sampai dilantiknya Ketua Tim Penggerak PKK yang definitif.
“Mari kita melangkah bersama- sama, saling mengisi, bersinergi dan menjalin hubungan koordinasi yang harmonis, sehingga Visi dan Misi Gubernur Lampung untuk menciptakan Masyarakat Lampung Berjaya dapat terwujud,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, berpesan kepada ketua TP PKK Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Barat untuk terus menggelorakan 10 program pokok PKK sesuai dengan prioritas program sebagaimana yang telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki.
Kemudian, Tim Penggerak PKK bersama perangkat daerah yang membidangi pemberdayaan masyarakat kiranya terus bersinergi. “Peran besar TP PKK sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, keduanya harus saling mendukung dan memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing,” ucapnya.

Selain TP PKK, Dekranasda juga menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Provinsi Lampung.
Dimana, Program utama Dekranasda yaitu untuk membina dan mengembangkan produk kerajinan unggulan, memberikan kesempatan berusaha serta meningkatkan sumber pendapatan para pengrajin.
”Oleh sebab itu, Dekranasda diharapkan dapat melakukan inovasi, kreativitas dan terobosan dalam membina masyarakat, khususnya pengrajin sehingga dapat menghasilkan produk-produk unggulan. Peran Dekranasda sangat diperlukan untuk memotivasi para UMKM dan pelaku usaha agar eksis untuk tumbuh dan berkembang,” ujarnya. (Adpim)

Facebook Comments